Langkah yang harus diambil dalam transformasi publik komunikasi

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar. tujuan komunikasi adalah untuk menciptakan kesepahaman di antara kedua belah pihak. 

Namun, masih ada sejumlah tujuan dari komunikasi yang perlu diketahui, yaitu :

1. Hal yang disampaikan bisa dimengerti dengan cukup baik. Dengan adanya definisi komunikasi diatas maka akan menghindarkan diri dari kesalah pahaman.

2. Mampu memahami maksud perkataan orang lain.

3. Ide, gagasan maupun pemikiran pribadi dapat diterima orang lain terutama dalam gelaran rapat tertentu.

4. Penggerak orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Misalnya, kegiatan kerja bakti, sosialisasi dan sebagainya.

    Komunikasi Publik adalah penyampaian pesan, berupa ide atau gagasa, informasi, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak. Ciri utama Komunikasi Publik adalah berisi pesan yang penting diketahui publik –dikenal dengan informasi publik. Yang dikomunikasikan menyangkut urusan publik atau yang diharapkan menggugah orang banyak.

Langkah - langkah yang harus diperhatikan dalam melakukan Transformasi Komunikasi Publik :

  • Sosialisasi
         Tahap pertama yang harus dilakukan dalam memulai perubahan adalah melakukan sosialisasi ke semua stakeholder yang melaksanakan dan mereka yang akan terdampak oleh perubahan.

  • Pemahaman
       Melalui sosialisasi, semua orang diharapkan memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya perubahan yang dilakukan oleh organisasi. Pelaku perubahan harus memahami alasan mengapa perubahan itu dilakukan, dan manfaat serta pengaruh perubahan itu bagi mereka secara pribadi maupun bagi perusahaan.

  • Komitmen
     Setelah mendapatkan sosialisasi dan pemahaman, seluruh anggota organisasi diminta untuk memiliki komitmen agar perubahan dapat terwujud.

  • Implementasi
        Implementasi merupakan point terpenting agar perubahan dapat berjalan sesuai dengan rencana organisasi.
  • Komunikasi
      Implementasi dapat berjalan dengan komunikasi yang efektif dan intens untuk memastikan jalannya perubahan.
  • Evaluasi
          Tindak lanjut berupa evaluasi/audit dilakukan sebagai langkah pengawalan agar perubahan yang terjadi sesuai dengan yang diharapkan, dan jika perlu dilakukan tindakan koreksi.

Adapun Tujuan dari Komunikasi Publik yaitu untuk member informasi kepada sejumlah besar orang mengenai organisasi misalnya mengenai aktivitas-aktivitas organisasi dan hasil produksi organisasi. Selain itu komunikasi publik juga bertujuan untuk menjalin hubungan antara organisasi dengan masyarakat diluar organisasi.
          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Pemasaran Industri

LEASING

Pembelian Industri dan Perilaku Pembelian