Manajemen Pemasaran Industri
Pengantar Pemasaran Industri
- Pemasaran
- Kebutuhan
- Keinginan
- Permintaan
- Manajemen Pemasaran
Pemasaran Industri
Pemasaran industri dikenal juga dengan pemasaran industrial. Pemasaran industri mengarahkan produknya pada perusahaan yang akan menjual kembali produk tersebut, perusahaan yang membeli produk tersebut untuk membantu proses produksinya, dan lembaga atau organisasi yang membeli produk untuk membantu kegiatan operasionalnya.
Pemasaran Konsumen
Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.
Ada 3 pasar organisasi :
- Pasar Industri, yaitu semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, di sediakan atau di pasok keperusahaan lain.
- Pasar Penjual Kembali, yaitu penjual kondisi pasar ketika kekurangan barang untuk dijual yang sering digunakan oleh pasar properti ketika persediaan barang rendah permintaan tinggi.
- Pasar Pemerintah, terdiri dari pembelian pemerintah pusat dan daerah. Biasanya pemerintah adalah konsumen dan pembeli barang dan jasa individu terbesar di hampir setiap negara.
Karakteristik |
Pemasaran Industri |
Pemasaran Konsumen |
Nilai Volume Penjualan |
Lebih besar |
Lebih kecil |
Kuantitas Volume Penjualan |
Lebih banyak |
Lebih sedikit |
Jumlah Pembeli |
Sedikit |
Banyak |
Lokasi Pasar |
Terkonsentrasi secara geografis |
Tersebar |
Sifat Produk |
Kompleks secacara teknis dan sesuai pesanan |
Standar |
Faktor yang Mempengaruhi Pembelian |
Seragam |
Tunggal |
Hubungan Pembeli dan Penjual |
Dekat |
Impersonal |
Strategi Harga |
Berdasarkan Negoisasi dan Penawaran |
Berdasarkan Pabrik dan Harga Pengecer |
Sifat Saluran |
Lebih Langsung |
Tidak Langsung |
Komentar
Posting Komentar