Manajemen Pemasaran Industri

Pengantar Pemasaran Industri

  • Pemasaran
         Suatu proses atau kegiatan individu dan kelompok untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan dengan cara menciptakan atau mempertukarkan produk dan nilai dengan individu, dan kelompok lainnya.

  • Kebutuhan
          Suatu keadaan yang dibutuhkan yang didasari oleh pemuasan dasar
  • Keinginan
          Hasrat untuk memperoleh kepuasan tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam

  • Permintaan
          Keinginan akan suatu produk-produk tertentu dan didasari oleh kemampuan dan kemauan untuk membeli

  • Manajemen Pemasaran
          Analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk membuat, membangun, dan mempertahankan pertukaran serta hubungan yang menghasilkan keuntungan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi

Pemasaran Industri

Pemasaran industri dikenal juga dengan pemasaran industrial. Pemasaran industri mengarahkan produknya pada perusahaan yang akan menjual kembali produk tersebut, perusahaan yang membeli produk tersebut untuk membantu proses produksinya, dan lembaga atau organisasi yang membeli produk untuk membantu kegiatan operasionalnya.

Pemasaran Konsumen

Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.

Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen

Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

Ada 3 pasar organisasi : 

  1. Pasar Industri, yaitu semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, di sediakan atau di pasok keperusahaan lain.
  2. Pasar Penjual Kembali, yaitu penjual kondisi pasar ketika kekurangan barang untuk dijual yang sering digunakan oleh pasar properti ketika persediaan barang rendah permintaan tinggi.
  3. Pasar Pemerintah, terdiri dari pembelian pemerintah pusat dan daerah. Biasanya pemerintah adalah konsumen dan pembeli barang dan jasa individu terbesar di hampir setiap negara.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen

Karakteristik

Pemasaran Industri

Pemasaran Konsumen

Nilai Volume Penjualan

Lebih besar

Lebih kecil

Kuantitas Volume Penjualan

Lebih banyak

Lebih sedikit

Jumlah Pembeli

Sedikit

Banyak

Lokasi Pasar

Terkonsentrasi secara geografis

Tersebar

Sifat Produk

Kompleks secacara teknis dan sesuai pesanan

Standar

Faktor yang Mempengaruhi Pembelian

Seragam

Tunggal

Hubungan Pembeli dan Penjual

Dekat

Impersonal

Strategi Harga

Berdasarkan Negoisasi dan Penawaran

Berdasarkan Pabrik dan Harga Pengecer

Sifat Saluran

Lebih Langsung

Tidak Langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEASING

Pembelian Industri dan Perilaku Pembelian