Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri

 Lingkungan Pemasaran Eksternal Pemasaran PT Sido Muncul Tbk


    Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Tujuan utama setiap perusahaan adalah melayani dan memuaskan seperangkat kebutuhan khusus dari sebuah pasar sasaran yang terpilih yang menguntungkan perusahaan itu. Sebagai contoh lingkungan pemasaran industri yang saya ambil adalah Perusahaan Sido Muncul yang merupakan perusahaan manufaktur Jamu Herbal dan Minuman Energi di Indonesia. Produk yang dihasilkan yaitu Tolak Angin, Kukubima Ener-G.

Lingkungan Eksternal terbagi menjadi Lingkungan Eksternal Mikro dan Lingkungan Eksternal Makro.

a. Lingkungan Eksternal Mikro

  • Konsumen
      Konsumen Sido Muncul adalah masyarakat Indonesia yang membeli produk jamu di warung, apotek, dan swalayan. Sido Muncul telah mempunyai pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada obat–obatan yang mengandung zat kimia karena pada obat–obatan kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh.

  • Pesaing
     Dalam usahanya melayani kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidak sendiri. Usaha suatu perusahaan untuk membangun sebuah system pemasaran yang efisien guna melayani pasar gelati disaingi oleh perusahaan lain. Sistem pemasaran dan strategi yang diterapkan  perusahaan dikelilingi dan dipengaruhi oleh sekelompok pesaing. Para pesaing ini perlu diidentifikasi dan dimonitor segala gerakan dan tindakannya didalam pasar.

Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido Muncul: PT Air Mancur, Produsen jamu dan kosmetika air mancur, PT Industri jamu Borobudur, PT jamu Iboe Jaya, PT Industri jamu Jago, PT jamu Indonesia Simona , dan lain-lain perusahaan farmasi.

  • Pemasok
         Penyedia input mempunyai daya tawar yang tinggi bila perusahaan tersebut menjadi satu-satunya penyedia bahan baku bagi perusahaan lain yang membutuhkan inputnya. Sido Muncul mempunyai pemasok sendiri, oleh karena itu kekuatan daya tawar menawar dari pemasok tidak begitu tinggi, sehingga hal ini menguntungkan perusahaan. Para pemasok bahan baku Sido Muncul berasal dari para petani yang ada diseluruh nusantara dengan standar kualitas yang baik. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya. Oleh sebab itu Sido Muncul berusaha menjalin hubungan baik dengan para pemasok supaya mereka tetap menjual hasil panennya. Daerah yang telah menjadi mitra kerjasama kami adalah Semarang, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Magelang, Kendal, Wonosobo, Blora dan Banyumas.  

b. Lingkungan Eksternal Makro         

  • Ekonomi
    Lingkungan ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan inflasi yang berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan sebagainya yang berkenaan dengan perkonomian.

- Perubahan pendapatan, saat ini konsumen yang terperas secara financial sedang mencari nilai yang lebih besar – kombinasi yang tepat dari kualitas dan jasa yang baik pada harga yang wajar.

- Distribusi pendapatan juga berubah
  • Politik
       Setiap perusahaan diatur oleh undang-undang. Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan peraturan menteri kesehatan.
  • Sosial Budaya
        Lingkungan ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakat mengenai aturan kehidupan, norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat dan lain sebagainya yang merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat lainnya serta lingkungan sekitarnya. Nilai budaya terdiri dari institusi dan kekuatan yang mempengaruhi nilai, persepsi, selera, dan perilaku konsumen.
  •          Teknologi

     Teknologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul sangat mempengaruhi produk-produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran jamu di Indonesia.
  •          Masyarakat

        PT Sido Muncul Tbk. menjadi perusahaan terbuka, tujuannya agar perusahaan ini langgeng dan dipercaya oleh masyarakat.
  • Pemerintah
       Dari sisi pemerintah Perusahaan Sido Muncul merancang komitmen dalam pembuatan produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Pemasaran Industri

LEASING

Pembelian Industri dan Perilaku Pembelian