Lingkungan Pemasaran Eksternal Pemasaran PT Sido Muncul Tbk
Lingkungan Pemasaran
adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar
pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Tujuan utama setiap
perusahaan adalah melayani dan memuaskan seperangkat kebutuhan khusus dari
sebuah pasar sasaran yang terpilih yang menguntungkan perusahaan itu. Sebagai contoh lingkungan pemasaran industri yang saya ambil adalah Perusahaan Sido Muncul yang merupakan perusahaan manufaktur Jamu Herbal dan Minuman Energi di Indonesia. Produk yang dihasilkan yaitu Tolak Angin, Kukubima Ener-G.
Lingkungan Eksternal terbagi menjadi Lingkungan Eksternal Mikro dan Lingkungan Eksternal Makro.
a. Lingkungan Eksternal Mikro
Konsumen Sido Muncul adalah masyarakat Indonesia
yang membeli produk jamu di warung, apotek, dan swalayan. Sido Muncul telah
mempunyai pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena
biasanya masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada
obat–obatan yang mengandung zat kimia karena pada obat–obatan kimia akan
menimbulkan efek samping terhadap tubuh.
Dalam usahanya melayani
kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidak sendiri. Usaha suatu perusahaan
untuk membangun sebuah system pemasaran yang efisien guna melayani pasar gelati
disaingi oleh perusahaan lain. Sistem pemasaran dan strategi yang diterapkan perusahaan dikelilingi dan dipengaruhi oleh
sekelompok pesaing. Para pesaing ini perlu diidentifikasi dan dimonitor segala
gerakan dan tindakannya didalam pasar.
Perusahaan-perusahaan
pesaing perusahaan Sido Muncul: PT Air Mancur, Produsen jamu dan kosmetika air
mancur, PT Industri jamu Borobudur, PT jamu Iboe Jaya, PT Industri jamu Jago,
PT jamu Indonesia Simona , dan lain-lain perusahaan farmasi.
Penyedia input mempunyai daya tawar yang tinggi
bila perusahaan tersebut menjadi satu-satunya penyedia bahan baku bagi
perusahaan lain yang membutuhkan inputnya. Sido Muncul mempunyai pemasok
sendiri, oleh karena itu kekuatan daya tawar menawar dari pemasok tidak begitu
tinggi, sehingga hal ini menguntungkan perusahaan. Para pemasok bahan baku Sido
Muncul berasal dari para petani yang ada diseluruh nusantara dengan standar
kualitas yang baik. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya. Oleh sebab
itu Sido Muncul berusaha menjalin hubungan baik dengan para pemasok supaya mereka
tetap menjual hasil panennya. Daerah yang telah menjadi mitra kerjasama kami
adalah Semarang, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Magelang, Kendal, Wonosobo,
Blora dan Banyumas.
b. Lingkungan Eksternal Makro
Lingkungan ekonomi
menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang
berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan
inflasi yang berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan
sebagainya yang berkenaan dengan perkonomian.
- Perubahan pendapatan,
saat ini konsumen yang terperas secara financial sedang mencari nilai yang
lebih besar – kombinasi yang tepat dari kualitas dan jasa yang baik pada harga
yang wajar.
- Distribusi pendapatan juga berubah
Setiap perusahaan diatur oleh undang-undang.
Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi
UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi
perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan
misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan
peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian
diatur dengan peraturan menteri kesehatan.
Lingkungan ini menunjukkan keadaan suatu
kelompok masyarakat mengenai aturan kehidupan, norma-norma dan nilai-nilai yang
berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat dan lain sebagainya yang
merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat lainnya serta lingkungan
sekitarnya. Nilai budaya terdiri dari institusi dan kekuatan yang mempengaruhi
nilai, persepsi, selera, dan perilaku konsumen. Teknologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul
sangat mempengaruhi produk-produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di
pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi
peredaran jamu di Indonesia. PT Sido Muncul Tbk. menjadi perusahaan terbuka,
tujuannya agar perusahaan ini langgeng dan dipercaya oleh masyarakat. Dari sisi pemerintah Perusahaan Sido Muncul
merancang komitmen dalam pembuatan produk-produknya menggunakan bahan-bahan
alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.
Komentar
Posting Komentar