Personal Selling

Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya. Kegiatan penjualan perorangan (personal selling) penting untuk meningkatkan ekuitas merek perusahaan dan ekuitas setiap merek.

Tujuan utama utama personal selling adalah melakukan tindakan persuasive kepada calon pembeli sehingga akan mampu didapat feedback saat itu juga dalam bentuk pembelian produk untuk kemudian mau menjadi loyal costumer dari produk tersebut.

Contoh kasus : Oriflame
Oriflame menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan personal selling, yang berbeda dengan sistem retail pada umumnya.

Dalam segi pemasarannya Oriflame dalam memasarkan produknya menggunakan sistem pemasaran personal selling. Model pemasaran personal selling membantu para tenaga penjual lebih mudah menjelaskan tentang keunggulankeunggulan produknya dengan begitu secara langsung dapat mempengaruhi calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Di setiap group pemasaran produk Oriflame memiliki tenaga-tenaga penjual untuk memasarkan produknya dengan cara mengunjungi pembeli. Pada dasarnya tenaga-tenaga penjual tersebut sebelumnya memperoleh pelatihan terlebih dahulu agar dapat melakukan penjualan secara efektif dan efisien.

Menurut saya seorang sales person yang telah dibekali dengan ilmu personal selling dalam memasarkan produk Oriflame ini baik, sebab selain mengetahui bagaimana keunggulan Oriflame. Sales person nya juga dibekali dengan pelatihan yang sudah didapat sebelumnya berguna agar tenaga penjual dapat mempengaruhi calon konsumen untuk mengambil keputusan membeli produk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Pemasaran Industri

LEASING

Pembelian Industri dan Perilaku Pembelian